Kamis, 08 September 2011

TIPS PEMEGANG KARTU KREDIT

Jangan menunjukkan kartu kredit Anda kepada orang yang tidak berkepentingan. Jika memberikan kartu kredit untuk transaksi di merchant, pastikan Anda ditempat mesin gesek dan pastikan petugas tidak mengopi dua sisi kartu kredit.
Samarkan/tutup/hapus saja tiga angka bagian belakang (CVV/CVC) yang digunakan untuk keamanan transaksi online, sebelumnya hafalkan tiga digit CVV tersebut.
Jangan memberikan kartu kredit untuk difotokopi oleh sales kartu kredit, kecuali angka CVV ditutup.
Jangan belanja ditoko online yang meminta Anda mengisikan data kartu kredit ditempat itu secara langsung, kecuali di situs yang menerapkan protocol SSL (Secure Socket Layer) dan memiliki sertifikasi keamanan seperti VeriSign SSL atau Thawte SSL certificate.
Toko online yang baik tidak akan menyimpan data kartu kredit kliennya, merchant yang baik akan menyediakan software pemrosesan kartu kredit yang terhubung dengan payment gateway ternama dan terpercaya di dunia seperti Paypal (www.paypal.com), Moneybookers (www.moneybookers.com), 2Checkout (www.2checkout.com), Authorize (www.authorize.net), dan transecute (www.transcute.com).
Alamat e-mail pada paypad atau moneybookers akan menjadi rekening pengguna (hati-hati dengan e-mail sampah yang berisi iklan atau tipuan/e-mail phising) untuk menjebak pemilik account untuk log in di website palsu. (Kompas, 17 Januari 2008).